Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Ikan Mujair

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidup pada perainan dengan kadar garam dan mineral yang rendah, tidak seperti di laut yang kaya akan kandungan garam dan mineralnya. Perairan tawar meliputi sungai, danau, rawa-rawa, dan waduk. Di sana, terdapat banyak jenis ikan-ikan yang hidup dan memberikan kemanfaatan bagi manusia. Manfaat yang ditawarkan dapat berupa untuk konsumsi, peliharaan, dan sebagai ikan hias.Salah satu ikan yang sudah sangat terkenal dan memiliki manfaat dalam hal konsumsi bagi manusia ialah ikan mujair.Ikan mujair pertama di Indonesia ditemukan oleh seorang bapak yang bernama Mujair.Ia menemukan ikan di Sungai Serang, Blitar, Jawa Timur. Sampai saat ini, masih belum bisa ditemukan mengapa ikan tersebut bisa sampai ke muara tersebut.

ikan mujair

Ikan Mujair yang memiliki nama latin Oreochromis mossambicus, memiliki ukuran tubuh yang sedang, bentuk badannya pipih dengan warna hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning. Ikan Mujair memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi, tetapi semakin dewasa kemampuan itu semakin menurun.Selain rasanya yang lezat dan menggugah selera, Ikan Mujair juga memiliki manfaat untuk tubuh.Yang pertama ialah Ikan Mujair bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.Ikan mujair mengandung fosfor yang tinggi.Fosfor berguna untuk pertumbuhan tulang dan mencegah terjadinya osteophorosis.Selain itu, fosfor juga menjaga agar kuku dan gigi tetap sehat.

Yang kedua ialah bahwa Ikan Mujair dapat menjaga kesehatan jantung.Hal ini karena Ikan Mujair mengandung omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Omega 3 ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem peredaran darah kita. Omega 3 ini juga membantu mencegah terjadinya ateroskerosis, serangan jantung, dan juga stroke.Manfaat Ikan Mujair yang ketiga ialah dapat mencegah penuaan dini.Hal ini diakibatkan kandungan selenium yang berfungsi untuk meremajakan kulit.Selanjutnya, Ikan Mujair juga berfungsi untuk menjaga kesehatan otak.Hal ini terjadi karena kandungan omega 3 dan kalium di dalamnya.Yang mana omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis.kalium berfungsi meningkatkan oksigenasi ke otak dan juga menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Fungsi atau manfaat yang lainnya dari Ikan Mujair ialah menjaga kebersihan lingkungan air. Ikan Mujair akan membersihkan racun-racun yang ada pada ekosistemnya. Dengan penjelasan di atas, mungkin kamu akan berpikiran untuk mencoba Ikan Mujair atau bahkan memulai untuk membudidayakannya. Kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang baik untuk diri kamu dan lingkungan kamu. Dengan menjaga ekosistemnya pun kamu sama seperti menjaga bumi ini dari ketidakseimbangan alam yang sudah lama terjadi. Memanfaatkan segala sesuatu dengan bijak merupakan langkah yang baik untuk kehidupan ke depannya.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *