Inilah Ikan Manfish, Ikan Hias Air Tawar Daerah Tropis

Sering dikenal sebagai ikan masyarakat, ikan angelfish dapat hidup dengan berbagai spesies ikan tropis yang lain. ikan angelfish atau ikan manfish yang mempunyai mempunyai nama ilmiah Pterophyllum scalare dan tergolong dalam faili Cichlidae ini, mempunyai ciri-ciri morfologis diantaranya bentuk tubuh pipih yang menyerupai anak panah, mewakili warna dan jenis yang bervariasi, sirip perut dan sirip punggung yang membentang ke arah ekor sehingga menyerupai busur, dan terdapat dua buah sirip yang panjangnya sampai kebagian ekor pada bagian dadanya.

ikan manfish angel fish

Ikan hias air tawar yang tergolong agresif dan lebih seperti karnivora ini, mempunyai pertumbuhan yang cukup baik. Pada pemeliharaan dan perawatan yang baik ikan ini akan mencapai panjang tubuh hingga enam inci ketika umurnya sudah mencapai satu setengah tahun. Sedangkan apabila mereka ditempatkan dalam tangki yang sangat besar dan tidak sesak, mereka bisa tumbuh hampir mencapai sepuluh inci.

Sayangnya, angelfish sangat rawan dengan adanya Ick. Ick adalah kondisi parasit oportunistik yang bisa menyerang saat kondisi dalam tangki tepat. parasit bisa saja sudah ada dalam tangki ketika ikan belum ditempatkan disana, atau parasit akan menyebar dari satu tubuh ikan ke tubuh ikan yang lain.

pembedaan jenis kelamin ikan angelfish ini susah dilakukan apabila hanya berdasarkan pengamatan fisik saja. hal ini dikarenakan penampakan fisik antara jantan dan betina pada ikan ini terlihat sama. selain itu, ikan ini termasuk ikan tipe egg laying, dimana mereka akan melahirkan bayi mereka dengan meletakkan telur mereka pada tangki dimana sang pejantan kemudian membuahi masih-masing telur tersebut hingga mereka akan menetas apabila pembuahan berhasil.

Budidaya Ikan Manfish

Saat ini ikan manfish banyak dijadikan sebagai ikan hias akuarium karena memang keindahan tubuh yang dimilikinya. Ada beberapa jens ikan Manfish yang berkembang di Indonesia sejauh ini antara lain Diamond, Imperial, Marble, dan Black-White. Ikan ini hidup di air dengan pH 24-20 derajat celsius. Karena tergolong karnivora, ikan ini memakan apa saja yang berhubungan dengan daging atau hewan-hewan kecil seperti blood worm, jentik nyamuk, cacing kering, dan pelet.

Untuk membudidayakan ikan ini, dibutuhkan induk jantan dan betina dengan umur mencapai tujuh bulan dan ukuran tubuhnya mencapai kurang lebih tujuh setengah centimeter. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan akan mengeluarkan tubuhnya untuk kemudian dibuahi oleh pejantan di luar tubuh. Biasanya ikan ini akan menempelkan telurnya pada substrat halus seperti potongan pipa PVC yang sudah disiapkan sebelumnya di dalam akuarium pemijahan. Ikan akan memijah pada malam hari dengan jumlah berkisar antara 500 sampai dengan 1000 butir.

Ikan manfish cenderung menyukai suasana yang gelap, sehingga alangkah lebih baik jika pada dinding akuarium ditempelkan kertas atau plastik berwarna gelap untuk mengurangi kadar cahaya yang masuk dalam akuarium.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *