Jenis Ikan Hias Air Tawar Congo Tetra

Tidak ada komentar 54 views

Congo tetra atau kongo tetra merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Afrika. Tepatnya di pusat sungai kongo. Kongo tetra memiliki warna yang sangat spektakuler, warnanya sangat menyala mulai dari depan ke belakang. Warna ini akan mulai tampak ketika congo beranjak dewasa. Sisik sisik ikan congo ini besar dan warna dimulai dengan biru di ganti merah melalui tengah, menjadi kuning-emas, dan kembali ke biru tepat di atas perut. Ikan jantan lebih besar ketimbang dengan ikan betina, termasuk juga siripnya lebih lebar dan luas dibanding ikan betina. Untuk jantan panjang maksimalnya 8,5 cm sedangkan untuk betina 6 cm.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Congo Tetra

Congo tetra sangat pas dipelihara di aquascape, dengan berbagai tanaman tanaman aquascape seperti anubias. Ikan hias yang satu ini memang sedikit minta perhatian dalam perawatn. jadi jika sahabat yang masih pemula dalam memelihara ikan hias, sangat tidak dianjurkan untuk memelihara ikan congo ini. Karena ikan ini sangat sensitif terhadap kualitas air.

Klasifikasi Ikan Congo Tetra
Klasifikasi ilmiah:

Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: klasifikasi
Memesan: Characiformes
Keluarga: Alestidae
Marga: Phenacogrammus
Jenis: P. interruptus

Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Congo Tetra Di Akuarium Aquascape:

Untuk memelihara ikan hias ini suhu air yang paling ideal adalah 23-28 ° C sedangkan pH air 6,0-7,5.

Seperti dijelaskan diatas ikan ini lebih cocok dipelihara di aquascape dengan cabang kayu apung dan anubias. Akan tetapi pemberian tanaman juga jangan terlalu padat, karena pewarnaan yang sempurna pada ikan congo ini akan nampak terlihat jelas jika ada ruang untuk bergerak.
Selain itu agar congo terlihat becahaya, sebaiknya untuk lampu yang tidak begitu terang.

Sedangkan pemberian pakan untuk congo bisa diberikan pakan alami atau pelet, karena congo termasuk ikan omnivora. Untuk merawat dan memelihara ikan congo tetra ini sebaiknya dengan spesies yang sejenis, akan tetapi jika ingin mencampur dengan ikan has lain juga sebaiknya dari jenis tetra lainya. Ikan corydoras juga baik untuk menjadi sahabat ikan congo, selain itu ikan rainbowfish juga menjadi pilihan bijak untuk teman seaquascape.

Cara Budidaya Ikan Congo Tetra: Untuk membudidayakan ikan congo tetra tidaklah mudah, akan tetapi mungkin untuk dilakukan. Indukan betina akan menghasilkan telur kurang lebih 300 butir, akan tetapi umumnya 100 ingga 200 butir. Dan telu telur akan menetas selama kurang lebih 6 hari.\emikian sepintas tentang Profil Lengkap Ikan Hias Congo Tetra Dan Cara Merawatnya. Semoga bermanfaat.