Jenis Ikan Hias Air Tawar Ikan Arapaima

Tidak ada komentar 17 views

Ikan Arapaima (Arapaima gigas), Pirarucu, atau Paiche, jenis ikan airtawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini termasuk kedalam ikan hias air tawar terbesar didunia, Ikan ini masi termasuk keluarga ikan arwana yang sangat populer di Asia Tenggara, terlebih di indonesia.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Ikan Arapaima

Bobot dari Ikan Arapaima ini berkisar kurang lebih 100 Kg, dengan panjang sekitaran 2,5 m. Tapi sayangnya akibat dijadikan ikan hias hewan ini pun terancam punah karna terus menerus menjadi buruan para kolektor ikan hias. Khususnya di amerika ikan ini keras sekali ditangkap untuk di ekspor, dan orang local mengkonsumsi sebagai lauk makanan.

Ikan ini terkenal sebagai ikan raksasa karena ukuranya yang bisa membesar, dan hewan-hewan yang ada didaerah Amazon memang terkenal karena ukuran,bentuk dan karakteristik yang sedikit berbeda dibandingkan binatang pada umumnya.

Bntuk ikan ini menyerupai ikan lele, pipih memanjang, seperti torpedo, atau ular, dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang bewarna abu-abu dan berwarna agak hijau bercorak merah.

Struktur tubuhnya memiliki kulit luar yang cukup keras, serta ingsang yang memiliki swim bladder, membantu ikan ini untuk bernafas. Ikan ini sering melompat keluar dari permukaan air jika merasa terancam, ikan ini juga sering berenang ke permukaan air untk bernafas sekalian mencari mangsa. Makanan Arapaima berbagai jenis udang-udangan, ataupun jenis binatang darat lang kebetulan melintas di habitat aslinya.

Tips merawat ikan Arapima:

  1. Ikan Arapima sangat cocok dengan kondisi perairan seperti sungai dan air tawar. Media yang dibutuhkan untuk Arapaima adalah kolam atau akuarium yang luas, karena habitat asli Arapaima adalah sungai. Suhu air mencapai 24-30 derajat celcius.
  2. Ikan Arapaima termasuk ikan karnivora, jadi bisa diberi makan jenis daging ataupun serangga seperti jangkrik, anak kodok dan udang
  3. Akuarium atau kolam tempat pemeliharaan Arapaima harus bersih, sering di kuras, beri filter dan tempelkan background panorama di dinding kolam atau akuarium
  4. Ikan Arapaima mudah panik, karena itu sebaiknya kolam diberi penutup, atau akuarium juga di beri penutup agar ikan ini tidak mudah loncat keluar, beri jenis koral dan tumbuhan jenis ganggang di kolam maupun akuarium.
  5. Ikan Arapaima termasuk ikna pelahap, bisa melahap apapun termasuk ikan lainnya namun bisa dipelihara dengan jenis ikan lainnya asalkan tidak kurang dari 1/3 tubuhnya.
  6. Ikan ini termasuk ikan betelur pada musim-musim tertentu, dan ketika sudah menetas, semua anaknya akan dsering dilindungi didalam mulutnya

Baca Juga: