Jenis Ikan Hias Air Tawar Ikan Arwana

Ikan hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman/ruang tamu.Panorama bawah laut seringkali dinilai mempesona sehingga banyak orang yang rela menghabiskan uang banyak untuk menyelam dan menikmatinya. Kini, kemajuan teknologi memungkinkan orang menikmati panorama air laut di dalam ruangan. Kehadiran ikan hias di dalam rumahmasyarakat modern dapat menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang padat. Ikan- ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan. Hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Ikan Arwana memiliki bentuk badan yang cukup unik bila dibandingkan dengan ikan hias air tawar lainnya, yakni memanjang hingga ke belakang serta tubuh ramping mirip pisau. Diluar itu, Ikan hias air tawar ini juga mempunyai ciri khas sendiri, yaitu adanya dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawah ikan hias arwana. Bagi ikan hias air tawar arwana ini, sungut itu berperan juga sebagai sensor getar untuk tahu posisi mangsa. Gerakan renang arwana sangatlah anggun serta sisik-sisiknya yang bercahaya menaikkan indah sosok ikan hias air tawar ini.

Banyak mitos yang tersebar di masyarakat bahwa dengan memilihara ikan Arwana akan melancarkan rizky si pemiliknya. Terlepas dari mitos tersebut, ikan Arwana merupakan ikan hias termahal yang peminatnya hampir tidak pernah berkurang sedikitpun. Ikan Arwana yang menjadi idola saat ini adalah ikan Arwana super red dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ikan Arwana jenis lain. Arwana jenis ini memiliki beberapa nama dan sebutan diantaranya iakn payang, ikan naga, ikan khayangan, ikan silok atau siluk, dan ikan kalasa.

Ikan yang memiliki nama latin scleropages ini banyak ditemukan di perairan Amazon dan beberapa daerah lain di Amerika bagian Selatan serta Asia Tenggara dan Australia. Di Indoensia sendiri ikan ini banyak ditemukan di Kalimantan dan Papua. Namun dengan teknologi saat ini, banyak para peternak ikan hias yang membudidayakan ikan jenis ini karena peminatnya yang tidak pernah surut.

Baca juga:

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *