Jenis Ikan Hias Air Tawar Ikan Gurami Padang

Ikan gurami merupakan salah satu ikan yang paling favorit untuk dikonsumsi oleh manuasia. Ikan gurami ini dikelan memiliki rasa daging yang gurih dan renyah. Bahkan beberapa tempat makan ternama sudah banyak yang menyediakan menu makanan ini. Biasanya ikan gurami ini dipelihara sebagai salah satu ikan hias, yaitu ikan gurami padang.

Gurame Padang atau Gurame Merah banyak dijadikan ikan pajangan. Gurame Padang ini tenyata sangat cantik berlenggak lenggok dalam akuarium. Tak heran apabila sejumlah hobiis mengkoleksinya sebagai ikan hias. Lantaran banyak dijadikan ikan hias, maka  harganya pun lebih mahal dibandingkan ikan konsumsi.

Sebagian dari ikan gurami memiliki bentuk tubuh seperti iakn-ikan gurame lainnya. Baik itu ikan gurami yang biasa di masak maupun ikan gurami hias sepert gurami mutiara maupun gurami Malaysia. Bedanya terletak pada warnanya. Ikan gurame padang sewaktu kecil badannya berwarna kuning kemerah-merahan, mulutnya lancip dan bagian badan serta ekornya lebar. Namun gurame padang dewasa mengalami perubahan bentuk pada bagian kepala dan warna tubuhnya memudar menjadi kuning pucat dan warna kemerah-merahannya menghilang. Pada bagian kepala ikan gurame dewasa biasanya menjadi semakin aneh dengan tumbuhnya jidat dan dagu yang semakin besar. Berbeda saat masih kecil, kepala ikan gurame lancip seperti ikan sepat.

ikan gurame ini bisa makan apa saja. Cacing beku, pellet, udang, bahkan sayur-sayuran jugaau makan. Ukuran dewasa ikan gurame ini bisa mencapai +-50cm dengam berat badan hingga mencapai 4kg lebih. Untuk harga jual ikan gurame padang ini tidak terlalu mahal kika brosis mau pelihara sejak kecil. Anakan gurame padang ukuran +-12cm dijual dengan harga 15.000 rupiah, sedangkan untuk ukuran dewasanya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Biasanya ikan gurami padang ini hidup di perairan air tawar agar ikan gurami ini bisa bertahan lama dan bisa berkembang biak secara cepat dan ikan gurami ini juga memerlukan banyak oksigen yang ada pada air agar ia bisa beradaptasi dngan cepat dan mudah. Ikan gurami padang sangat banyak yang menyukainya hanya dengan warna kulit yang bagus, menarik,dan harganya terjangkau murah.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *