Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah Di Pelihara

Jenis Ikan Hias Air Tawar Mudah Di Pelihara – Memelihara ikan hias air tawar bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Apalagi diantara hewan peliharaan lain, ikan hias air tawar termasuk yang nggak akan terlalu merepotkanmu. Cukup bermodalkan aquarium dan pelet makanan ikan, anda sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar dari ikan hias-mu.

Baca juga: 6 Ikan Hias Air Tawar Terindah Di Dunia

Nah bagi kalian yang ingin memelihara ikan, terutama jenis ikan hias air tawar. Di bawah akan di jelaskan beberapa jenis ikan hias yang bisa anda pelihara, mudah dalam perawatan, serta tidak merogoh kocek yang terlalu dalam.

Ikan guppy

Ikan Hias Guppy adalah salah satu jenis ikan hias paling populer di Indonesia. Ikan hias Guppy memiliki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena ikan ini memiliki ukuran yaitu kurang dari 2,5 cm jika diukur dari kepala ke ekor.

Ikan Guppy merupakan ikan yang berasal dari Amerika Selatan dan ikan ini dikenal mudah untuk beradaptasi di lingkungannya. Hal ini menyebabkan ikan Guppy bisa tersebar luas hingga ke seluruh dunia.

Ikan hias Guppy mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium. Ikan hias guppy memiliki warna dan sirip yang indah. Ikan Guppy jantan memiliki warna yang cenderung lebih menarik bandingkan dengan betina yang siripnya terlihat agak kusam.

Ikan Arwana

Jenis Arwana adalah salah satu ikan hias yang masih populer sampai saat ini. Beberapa ahli ikan hias bahkan mengatakan bahwa ikan hias arwana tidak akan pernah sedikit peminatnya.

Kemudian, ikan ini memiliki sisik dengan keunikan yang bisa memikat siapa saja yang melihatnya. Ikan hias Arwana memiliki ukuran tubuh yang cenderung besar, bahkan bisa mencapai hampir 1 meter.

Ukuran telurnya besar dan hampir mirip telur puyuh membuatnya termasuk dalam kelas ikan purba. Ikan hias Arwana memiliki banyak nama lain seperti arwana super red, silok, ikan payang, kalasa, siluk, naga, khayangan dan nama latin Scleropages sp.

Ikan hias Arwana bisa ditemui di perairan air tawar di Kalimantan dan Papua. Tapi untuk saat ini jenis ikan arwana telah banyak yang membudidayaknnnya karena harga dan peminatnya cukup tinggi. Ikan ini menjadi sangat digemari oleh masyarakat karena terdapat mitos yang mengatakan bahwa ikan ini dapat mendatangkan rejeki kepada orang yang memeliharanya.

Ikan Louhan

kan Louhan adalah ikan jenis hibrida atau ikan hasil persilangan dari jenis cichlid. Ikan hias louhan adalah ikan hias yang sempat populer di kalangan masyarakat Indonesia beberapa tahun yang lalu. Sebenarnya ada banyak orang yang sebelumnya tidak pernah menyimpan ikan hias berbondong-bondong untuk memelihara serta menjadi pecinta ikan hias dikarenakan ikan ini.

Tingginya minat masyaratk terhadap ikan ini tidaklah heran dikarenakan louhan memiliki warna yang indah dan menarik. Dan juga bila diperhatikan dengan seksama pada kombinasi warna dan sisik ikan hias louhan terkadang dapat membentuk tulisan.

Daya tarik lain dari ikan louhan adalah jenong yang terdapat di kepalanya yang mampu menciptakan daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias. Bahkan dari jenongnya harga ikan hias louhan bisa mencapai harga yang cukup tinggi.

Ikan Mas Koki

Ikan hias jenis ikan maskoki berasal dari China yang dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Awalnya jenis ikan hias maskoki memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan mas yang berasal dari spesies yang sama. Kemudian orang Jepang yang mengembangkan maskoki sebagai ikan hias dengan banyak variasi warna dan bentuk yang lebih indah dari sebelumnya.

Ikan maskoki termasuk jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan dibudidayakan di rumah. Tapi ikan hias ini adalah ikan eksklusif yang tidak ingin dipelihara bersama-sama dengan ikan dari jenis lain, hal ini karena mereka membutuhkan banyak oksigen untuk dapat bertahan hidup.

Tidak hanya itu, ikan hias jenis ini sudah sangat terkenal di masyarakat untuk dipelihara. Hal ini dikarenakan ikan maskoki memiliki gerakan tubuh yang lucu dan bentuk tubuhnya yang gemuk atau penuh namun tetap seimbang.

Ikan Koi

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang tetap populer dari waktu ke waktu adalah ikan koi ini. Pertama kali ikan koi diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920an. Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah.

Kemudian hasil persilangan ikan diketahui dengan nama ikan koi. Sampai sekarang persilangan ikan koi terus dilakukan dan hasilnya bisa kita temukan dengan penambahan variasi yang sangat menarik. Ikan koi sangat cocok untuk dipelihara di dalam kolam yang cukup luas karena saat masih muda ekor ikan koi tidak begitu lebar tetapi setelah dewasa ekor ikan koi akan semakin melebar sehingga memerlukan ruang yang lebih luas lagi.

Selain itu, warna ikan koi yang indah akan terlihat lebih menarik bila dilihat dari atas kolam serta ikan akan memiliki ruang gerak yang lebih lapang. Daya tarik yang ditampilkan oleh ikan koi adalah pada saat pemberian makan. Saat pemilik ikan datang untuk memberi makan, maka seluruh ikan koi yang berada di dalam kolam akan berkumpul menjadi satu untuk menyerbu makanan yang dilemparkan ke dalam kolam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *