Jenis Ikan Laut Demersal

Jenis Ikan Laut Demersal

Ini adalah ikan yang hidup di kedalaman lautan yang dalam. Lebih dari 200 meter dari permukaan air laut. Ikan Demersal umumnya hidup mandiri. Kalaupun berkoloni, biasanya yang ukuran tubuhnya kecil-kecil. Demi bertahan hidup dari serangan ikan besar.

Banyak ikan Demersal yang hidup bersimbiosis mutualisme dengan ganggang atau alga laut. Mereka menyamarkan tubuh dengan berkamuflase menjadi terumbu karang atau ganggang. Misalnya ikan badut, mereka suka berenang-renang dekat terumbu karang.

Warna ikan Demersal memang lebih beragam dan bisa dibilang kebanyakan adalah jenis ikan laut hias. Meski banyak pula Demersal yang ukuran tubuhnya jumbo dan jadi predator ikan-ikan demersal kecil. Seperti Ikan Hiu dan Pari.

Namun ikan besar biasanya enggan menyerang koloni ikan kecil. Mereka biasanya hanya mau makan ikan yang sendirian-sendirian. Untuk menangkap jenis ikan laut Demersal ini dibutuhkan peralatan yang khusus mampu menyentuh dasar laut.

Seperti Bottom Trawl dan Bottom Long Line. Umumnya acara penangkapan ikan laut demersal ini memang sifatnya long line atau jangka panjang. Ekspedisi penangkapan ikan demersal bisa memakan waktu berbulan-bulan. Menjelajah banyak samudera di dunia. Sifatnya lintas negara.

Ikan demersal dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

+ Benthic,

Jenis ikan demersal yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di dasar laut. Ikan benthic memiliki massa jenis yang lebih besar dari air laut, sehingga sangat sulit untuk berenang naik. Ikan benthic dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Penyapu dasar laut. Ikan ini berenang tepat di atas dasar laut dan menghisap mangsa yang berada dekat dengan mulutnya. Ikan jenis ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan mulut yang lebar dan sirip pektoral yang membesar.
  • Penjejak dasar laut. Ikan jenis ini memiliki sirip pelvis yang membesar menyerupai kaki.
  • Ikan Bersembunyi. Ikan jenis ini memiliki kebiasaan menyembunyikan dirinya di bebatuan ataupun dengn menggali lubang di dasar perairan.
  • Ikan pipih. Ikan jenis ini gemar berkamuflase dengan menyembunyikan dirinya di pasir. Dan pastinya tubuh ikan ini berbentuk pipih
  • Ikan ekor tikus. Ikan ini memiliki kepala yang lebih besar dari ekornya. Ikan ini gemar memakan bangkai atau invertebrata kecil.

+ Benthopelagic,

Jenis ikan demersal yang dapat berenang naik, akan tetapi tidak bisa terlalu jauh dari dasar laut. Sebagian besar ikan demersal merupakan jenis benthopelagic. Ikan jenis ini memakan makhluk penghuni dasar laut dan plankton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *