Jenis Ikan Laut Yang Bisa Di Konsumsi

Jenis Ikan Laut Yang Bisa Di Konsumsi – Sebagai negara dengan 18.306 pulau, Indonesia sebenarnya diberkahi dengan berlimpah makanan dari air. Termasuk di antaranya ikan dari air laut. Food and Agricultural Organization (FAO) mencatat Indonesia merupakan negara produsen kedua terbesar ikan laut. Di tahun 2014, produksi perikanan tangkap dari laut mencapai 6 juta ton.

Baca juga: Ciri-Ciri Ikan Koi Kohaku

Sayangnya, konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah. Padahal, di banyak negara ikan air laut begitu digandrungi. Kualitas rasa dan kandungan gizi ikan laut dipercaya memiliki dampak baik bagi kesehatan dan lama usia seseorang. Ini dia beberapa macam jenis ikan laut yang bisa di konsumsi.

Ikan Kakap Merah

Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi yang satu ini adalah salah satu jenis ikan laut yang kerap dibudidayakan oleh masyarakat. Ikan jenis yang satu ini memiliki daging yang tebal serta rasanya yang lezat. Ikan kakap merah memiliki warna sisik yang berwarna merah. Jenis ikan air laut yang satu ini merupakan jenis ikan laut yang menjadi ikan laut pancing favorit.

Ikan Bandeng

Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dengan tingkat konsumsi yang tinggi di Indonesia. Ada berbagai macam olahan yang menggunakan ikan yang satu ini. Ikan bandeng hidup secara berkelompok. Ikan yang satu ini akan bertelur dan menetaskan telurnya di air payau. Setelah dewasa dan mampu untuk berkembang biak, barulah ikan yang satu ikan akan kembali menuju laut. Ikan yang memiliki banyak duri kecil ini pun di Indonesia dibuat dan dihidangkan dengan berbagai macam cara. Di Indonesia, ikan yang satu ini kerap menjadi ikan presto.

Ikan Tongkol

Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Ikan laut yang satu ini memiliki nama latin Euthynnus affinis termasuk ke dalam suku Scombridae. Ikan yang satu ini diperjual belikan dalam bentuk ikan kaleng, ikan beku, dan ikan segar. Ikan yang satu ini diolah dengan berbagai macam cara seperti dengan cara diasap, dikeringkan, diasinkan, sampai dipindang.

Ikan Tuna

Jenis ikan yang satu ini merupakan ikan yang memiliki daging ikan yang berwarna merah. Indonesia merupakan salah satu negara pemasok ikan tuna terbesar di dunia. hal inilah yang menyebabkan ikan yang satu ini sangat familiar di Indonesia. Ikan tuna mampu mencapai berat 350 kg/ekor. Ikan tuna menjadi salah satu ikan yang kerap dibuat berbagai macam olahan, mulai dari sayu, abon, sop, bakso, tongseng, balado, saus tiram, dan lain sebagainya. Di Jepang, ikan yang satu ini menjadi ikan yang kerap dijadikan menu sushi.

Ikan Teri

Ikan berukuran kecil yang satu iniamerupakan ikan yang hidup secara bergerombol. Ikan yang satu ini memiliki ukuran 5 cm. Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi ini sering dijadikan olahan sebagai ikan asin. Ikan teri atau yang biasa disebut dengan ikan bilis bertahan hidup dengan memakan plankton.

Ikan Tenggiri

Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi yang satu ini merupakan ikan air laut yang masih dalam satu kelas dengan ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan tuna. Ikan tenggiri hidup dengan cara berkelompok. Di Indonesia, ikan yang satu ini biasanya diolah menjadi siomay, kerupuk, da berbagai macam makanan lainnya.

Ikan Makarel

Jika Anda adalah salah satu orang yang kerap membeli ikan di supermarket, tentunya sudah tidak asing dengan ikan yang satu ini bukan? Ya, ikan yang satu ini biasanya disajikan dalam bentuk kaleng. Ikan makarel dikenal sebagai ikan yang mengandung omega 3 serta omega 6 yang tinggi. Tentulah ikan yang satu in sangat baik untuk Anda konsumsi. Ikan yang satu ini biasanya diolah menjadi pepes, sambal balado, rica-rica, dan beberapa olahan lainnya.

Ikan Belanak

Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi yang satu ini merupakan ikan air laut yang hidup di lautan tropis dan subtropis. Ikan yang satu ini memiliki bentuk pipih memanjang dengan bentuk fisik yang hampir sama dengan ikan bandeng. Ikan yang satu ini merupakan ikan laut yang memiliki harga terjangkau. Akan tetapi, ikan belanak akan memiliki tekstur daging yang agak keras apabila diolah dengan cara digoreng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *