Jenis Ikan Mas Koki

Jenis Ikan Mas Koki – Ikan mas koki merupakan ikan hias air tawar yang paling populer di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk yang unik, dan digemari oleh berbagai kalangan. Ikan mas koki memiliki nama latin Carrasius auratus dan biasa hidup di perairan dangkal dan berudara sejuk.

Baca juga: Ikan Hias Air Tawar Ikan Sapu-Sapu

Jenis ikan mas koki sangat banyak dan bentuknya memiliki keunikan masing-masing. Harga dari jenis ikan mas koki berbeda-beda. Mulai dari ribuan hingga ratusan ribu. Berikut jenis-jenis ikan mas koki paling populer.

Ikan Mas Koki Mutiara

Bisa dibilang jenis ikan mas koki mutiara merupakan ikan koki tercantik yang banyak dicari. Budidaya ikan mas koki mutiara juga terbilang sukse di Indonesia, ini karena ikan mas koki yang mudah menyesuaikan kondisi dengan tempat. Ikan mas koki mutiara memiliki ciri khas berupa pola sisik menyerupai sebuah mutiara. Harga ikan koki mutiara lumayan mahal, dan merupakan jenis ikan mas koki termahal.

Ikan Mas Oranda

Jenis ikan mas koki oranda juga memiliki banyak peminatnya di Indonesia. Ikan mas koki orando banyak di cari karena memilii harga yang tidak begitu mahal dan memiliki corak warna yang cantik. Ikan mas koki oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat ikan koki pada umumnya. Bentuk tubuh dan warnanya yang cantik membuat harga ikan mas koki oranda juga lumayan mahal.

Ikan Mas Koki Rancu

Ikan mas koki rancu merupakan jenis ikan mas koki baru di Indonesia. Ikan mas koki rancu mampu berukuran hingga 30 cm dan bisa hidup sampai 10 tahun. Ikan mas koki rencu memiliki ciri khas bentuk tubuh bungkuk dan memiliki pola sisik mutiara dibagian punggungnya. Warna dari ikan mas koki rancu adalah putih, merah, dan orange.

Ikan Mas Koki Lionhead

Untuk seorang pemula dan baru mengenal jenis-jenis ikan mas koki tentu mengira ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki renchu. Jika kita melihat sekilas memang bentuk ikan mas koki lionhead sama dengan ikan mas koki ranchu, tapi lihatlah pada bagian kepalanya. Jenis ikan mas koki lionhead memiliki bentuk kepala yang membengkak layakanya surai pada singa.

Ikan Mas Koki Ryukin

Jenis ikan mas koki ini bisa dibilang sebagai ikan mas koki tercantik di Dunia. Warna ikan mas koki ryukin beraneka ragam, mulai dari merah, kuning, orange, dan putih. Sirip ikan mas koki ryukin panjang dan mampu memiliki ukuran tubuh hingga 30 cm. Harga Ikan mas ryukin kontes bisa dibandrol hingga jutaan rupiah.

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Mendengar namanya saja sudah jelas mana yang menjadi ciri khas dari ikan mas koki ini. Ikan mas koki bubble eye memiliki bentuk wajah yang aneh. Mata ikan mas koki bubble eye besar dan cenderung seperi balon. Jenis ikan mas koki ini lumayan langka, untuk harga ikan mas koki bubble eye bisa dijual seharga Rp 30.000.per ekor.

Ikan Mas Koki Black More

Seperti namanya, jenis ikan mas koki ini memiliki warna hitam pekat dari kepal hingga ujung ekor. Warna mata dari ikan mas koki black more juga hitam. Cara merawat ikan mas koki jenis ini sangatlah mudah, kita tinggal memberikan makan berupa pelet. Barikan juga pompa oksigen dan air untuk menambah kadar oksigen di aquarium.

Ikan Mas Koki Butterfly Tail

Jenis ikan mas koki satu ini sangatlah langka dan jarang di temukan di Indonesia, jika pun ada pasti harga ikan mas koki jenis ini sanagtlah mahal. Jenis ikan mas koki ini sering menjadi ikan mas koki kontes dan memiliki harga mahal. Ciri khas dari ikan mas koki butterfly tail adalah corak sirip ekor seperti kupu-kupu.

Ikan Mas Koki Choten Gen

Jenis ikan mas koki choten gen hampir sama seperti ikan mas koki bubble eye. Bedanya bentuk mata ikan mas koki choten gen lebih kecil dan hanya memiliki satu warna dalam tubuhnya. Ikan mas koki ini merupakan jenis ikan mas koki terkecil di dunia, dan hanya memiliki ukuran maksimal 15 cm.

Ikan Mas Koki Hanafusa

Ikan mas manafusa merupakan jenis ikan mas koki paling unik. Ikan mas koki ini merupakan salah satu jenis ikan koki kontes yang sering menjadi juara karena memiliki bentuk yang unik dan langka. Harga ikan mas koki jenis ini juga lumayan mahal kerena masih susah di temukan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *