Jenis-Jenis Ikan Arwana Asia

Ikan Arwana Asia(Scleropages formosus) atau Siluk merah adalah satu spesies ikan air tawar yang berada di Asia Tenggara. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan sirip dubur yang terletak jauh di belakang badan.  Umumnya, ikan Arwana Asia memiliki warna yang keperak-perakkan. Ikan ini sering disebut ikan naga karena sering dihubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana Asia ternyata adalah spesies asli dari sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ikan Arwana Asia mendapatkan perlindungan tertinggi oleh Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna (CITES).

jenis ikan arwana

Varietas untuk ikan Arwana Asia ada empat warna yang terdapat di lokasi berbeda seperti:

  1. Arwana Merah
    Ikan Arwana  Merah biasanya ditemukan di Indonesia. Ikan ini tersebar di Provinsi Kalimantan Barat, salah satunya di Sungai Kapuas dan Danau Setjarum yang merupakan habitat dari Super Red Arowana (Chili dan Blood Red). Ikan Arwana Merah dapat hidupdi perairan Kalimantan karena perairan di Kalimantan aalah perairan gambut yang dapat mendukung keberlangsungan dari perkembangan ikan arwana itu sendiri. Warna dari  ikan Arwana Merah dipengaruhi oleh kandungan mineral,air gambut dan jumlah cadangan yang masih tersedia. Bukan hanya itu, letak geografis juga mempengaruhi bentuk morfologi ikan arwana merah yaitu badan  yang cenderung lebh lebar, warna merah dan warna dasaryang tampak lebih pekat. Jenis ikan arwana merah dapat  dikelompokkan menjadi empat misalnya  Merah Darah atau Blood Red, Merah Cabai (Chili Red), Merah Oranye (Oranye Red), dan yang terakhir adalah Merah Emas (Golden Red).
  2. Arwana Emas
    Ikan Arwana Emas biasaya dapat ditemui di berbagai wilayah di Malaysiadiantaranya Perak, Trengganu, Johor dan juga Danau Bukit Merah. Hal ini yang menjadikan ikan sebutan untuk nama ikan arwana berbeda tergantung asalnya misalnyanBukit  Merah Blue, Golde Pahang atau Malaysian Gold. Ikan Arwana Emas sering disebut Cross Back karena memiliki wara emas di punggungnya. Ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi disbanding dengan varietas ikan lainnya karena ikan Arwana Emas jarang ditemui bahkan bisa dibilang langka.
  3. Ikan Arwana Emas degan Ekor Merah
    Jenis arwana Golden ekor merah atau red tail golden dapat dijumpai di Indonesia oleh karena itu sering disebut juga Arwana Golden Indonesia atau Indonesian Golden Arwana.Arwana  ini tersebar di daerah Sumatera dan Pekanbaru.
  4. Ikan Arwana Hijau
    Jenis ikan Arwana hijau dapat dijumpai di negara Thailand, Myanmar, Malaysia, Kamboja dan juga di beberapa tempat di Indonesia. Untuk warnanya bervariasi setiap daerahnya, namun pada umumnya ikan ini memiliki warna kelabu kehijauan dan memiliki pola garis yang berwarna hitam pada bagian ekornya. Untuk bagian kepalanya sedikit lebih besar jika dibandingakan jenis arwana asia lainnya dan tampak bulat.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *