Ikan Konsumsi Umum

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi – Ikan Konsumsi merupakan jenis ikan yang telah lazim dikomsumsi sebagai pangan oleh manusia. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan berdasarkan habitat hidup jenis-jenis ikan yaitu dari laut dan dari perairan di darat.

Ikan konsumsi juga dapat dikelompokkan berdasarkan upaya memperoleh ikan tersebut seperti penangkapan langsung dari alam dan hasil pembudidayaan.

Baca Artikel Menarik Lainnya : Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Pada umumnya jenis-jenis ikan konsumsi dari laut dilakukan dengan penangkapan langsung di laut, sementara hanya sedikit jenis ikan laut yang dilakukan dengan upaya pembudidayaan.

Jenis-jenis Ikan Konsumsi diperolah dari penangkapan di laut dilakukan oleh nelayan dari mulai nelayan kecil yang mengandalkan jala lempar sampai kepada nelayan besar yang menggunakan peralatan modern.

Ikan Konsumsi dari perairan di darat biasanya disebut juga sebagai Ikan Air Tawar. Ikan Air Tawas sebagai ikan konsumsi diperoleh dengan menangkap dari alam atau ikan yang dibudidayakan.

Baca Juga :

Ikan air tawar

Ikan air tawar merupakan ikan yang menghabiskan sebagian ataupun segala hidupnya di air tawar, semacam sungai serta danau. Budidaya pembesaran ikan air tawar didominasi oleh ikan mas, lele, patin, nila serta gurami. Tipe ikan tersebut banyak disantap warga Indonesia pula banyak dibesarkan tipe ikan lain semacam belut serta nilam.

1. Ikan Mas

Pembudidayaan ikan mas relatif gampang serta sifatnya yang tahan terhadap pergantian keadaan area. Nama ikan mas memiliki istilah berbeda di masing- masing wilayah. Ikan mas, tombro, masmasan( jawa tengah serta jawa timur), ikan rayo ataupun ikan ameh( Sumatra Barat). Ikan mas sesuai dibesarkan di area tropis semacam Indonesia. Temperatur sempurna untuk pertumbuhannya antara 23- 30 derajat celcius. Ikan ini dapat dibudidayakan dalam kolam tanah, kolam air deras serta jaring terapung.

2. Nila

Ikan nila ialah ikan air tawar yang gampang dipelihara serta kendala penyakitnya tidak begitu banyak serta pertumbuhannya sangat kilat. Ikan ini mempunyai bermacam keunggulan, dengan varietas unggul yang dihasilkan antara lain, nila merah, nila gift, nila gesitt, nila nirwana. Nila bisa dibudidayakan di bermacam wadah semacam kolam air tenang, kolam air deras, serta sawah.

3. Lele

Lele memiliki wujud yang memanjang berkulit licin dengan kepala pipih, dengan 4 pasang sungut, sirip ekor serta perut membundar. Lele bisa hidup di seluruh perairan air tawar, di sungai yang airnya tidak sangat deras semacam danau, waduk, rawa, dan genangan kecil. Lele memiliki perlengkapan respirasi bonus yang diucap labirin, terletak di bagian depan rongga insang yang membolehkan mengambil oksigen langsung dari hawa. Sehingga tahan hidup di perairan yang airnya memiliki sedikit oksigen.

4. Patin

Patin tercantum kelompok ikan catfish yang bisa hidup di perairan dengan isi oksigen relatif rendah. Patin sangat responsif terhadap pakan buatan dan mempunyai perkembangan yang kilat sehingga tercantum ikan yang berdimensi besar.

5. Gurami

Wujud badan gurami agak panjang, besar serta pipih ke samping dengan panjang maksimum 65 centimeter. Gurami banyak dibudidayakan di pulau Jawa, Kalimantan, serta Sumatra. Istilah ikan gurami bermacam- macam di tiap wilayah ialah gurami ataupun gurami di Jawa, jika ataupun kaloi( Sumatra), serta kala atau

kalui( Kalimantan).

Similar Posts