Jenis-jenis Ikan Purba Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini

Jenis-jenis Ikan Purba Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini – Saat mendengar kata hewan purba, pasti yang ada dipikiranmu adalah hewan prasejarah seperti Dinosaurus yang sudah lama mengalami kepunahan. Tapi, ada juga beberapa hewan prasejarah yang berhasil bertahan dari kepunahan tersebut. Umumnya, hewan prasejarah yang berhasil bertahan dari kepunahan tersebut, kini sudah mengalami evolusi, baik dari bentuk, ukuran, fisik, dan habitat tempatnya untuk hidup.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Paling Cantik Dan Unik

Selain itu, kebanyakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang adalah hewan yang habitatnya hidup diperairan seperti ikan. Lantas, ikan purba apa saja yang masih hidup sampai sekarang? Berikut ulasannya.

Arapaima

Arapaima merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di dunia yang merupakan hewan lokal perairan tropis Amerika Selatan, khususnya Sungai Amazon. Salah satu karakteristik unik dari ikan ini adalah ia membutuhkan oksigen yang didapatkannya dari udara di luar air. Disebut-sebut dapat tumbuh hingga 4,5 meter namun karena spesiesnya yang semakin langka, sekarang ini yang dapat ditemukan hanya hingga sepanjang 2 meter. Diperkirakan telah ada sejak sekitar 24 juta tahun yang lalu.

Sturgeon

Ikan ini di perkirakan telah ada sejak 200 juta tahun yang lalu dan merupakan salah satu sumber utama makanan kelas atas, tidak lain dan tidak bukan adalah caviar. Ironisnya, karena hal inilah ikan ukuran jumbo ini berada dalam status terancam. Walaupun dapat tumbuh hingga 6 meter, ikan ini biasanya tidak berbahaya bagi manusia karena hanya makan hewan laut kecil di dasar laut. Namun jika mereka diprovokasi, ada kejadian dimana mereka dapat membunuh manusia dengan melompat keluar dari air dan menimpa manusia atau kapal manusia.

Lancetfish

Lancetfish memiliki 6 gigi tajam di rahang mereka seperti barracuda, tubuh pipih seperti belut dan sirip di punggung mereka menyerupai ikan layar. Karakteristik-karakteristik perpaduan barracuda, belut, dan ikan layar ini merupakan karakteristik dari Lancetfish, yakni ikan yang telah bertahan hidup melewati 250 juta tahun hingga sekarang. Sangatlah ganas, makanannya adalah ikan yang lebih kecil, cumi-cumi dan juga terkadang spesiesnya sendiri.

Sawfish

Ikan purba ini memiliki karakteristik yang aneh, hal ini juga berlaku bagi Sawfish atau ikan gergaji. Telah ada sejak sekitar 100 juta tahun yang lalu dimana “gergaji” mereka digunakan untuk senjata dan juga mengetahui pergerakan bahkan detak jantung makanan mereka. Seperti kebanyakan hiu lainnya, hiu gergaji juga masuk dalam kategori terancam karena perburuan yang menginginkan sirip mereka.

Alligator Gar

Predator purba berkulit tebal ini telah ada sejak 100 juta tahun yang lalu dan dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Meksiko Utara atau Timur. Merupakan ikan perairan tawar terbesar di Amerika Utara namun juga terkadang dapat ditemukan di lautan. Memiliki nama Alligator (Buaya) Gar karena penampilan mereka yang menyerupai reptil dan rahan panjang dengan barisan gigi tajam mengitari rahang tersebut. Uniknya, ikan ini dapat hidup di luar air hingga 2 jam namun untungnya tidak bisa berjalan di luar air karena pernah ada kasus dimana ia sering menggigit perenang manusia.

Goblin Shark

Goblin Shark memiliki bentuk benar-benar seperti mahluk yang baru keluar dari mimpi buruk seseorang. Hiu Goblin ini benar-benar menyerupai alien karena bentuk ‘hidung’ yang panjang, kulit bewarna pink gelam, gigi yang menyeramkan, dan dapat tumbuh hingga 14 kaki. Hidup di perairan sedalam ribuan kaki dan diperkirakan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.

Arwana

Ikan cantik yang sering dijadikan peliharaan oleh para penyuka ikan hias ini diperkirakan sudah ada sejak jaman Jurassic. Ikan purba air tawar ini bisa ditemukan dibeberapa tempat seperti sungai-sungai di hutan Amazon, di sungai-sungai benua Afrika, Asia, dan Australia. Selain itu, jenisnya juga cukup banyak, beberapa di antaranya memiliki harga yang cukup fantastis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *