Koi, Kaum Elite Diantara Ikan Air Tawar Yang Tidak Merepotkan

Ikan air tawar adalah sekumpulan ikan-ikan yang hidup di perairan yang tidak mengandung kandungan garam dan mineral tinggi di dalamnya seperti laut.Biasanya, perairan ini meliputi sungai, danau, dan waduk. Terdapat banyak ikan yang hidup di sana, mulai dari yang berukuran kecil sampai yang ukurannya besar. Salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar ialah Ikan Koi.Ikan Koi ini merupakan salah satu ikan yang populer di semua kalangan karena kemudahan perawatannya sebagai ikan hias di akuarium rumah.

Ikan Koi sebenarnya berasal dari Jepang. Ikan ini di Jepang dikenal sebagai Nishikigoi, sedangkan memiliki nama latin sebagai Cyprinus carpio. Ia memiliki kekerabatan dengan Ikan Mas, maka tak heran jika orang sering menyebutnya Ikan Mas Koi. Banyak orang yang memelihara Ikan Koi selain karena kemudahan perawatan, melainkan juga dipercaya bahwa ikan ini membawa peruntungan yang baik untuk baik di dalam rumah maupun di luar rumah orang yang memeliharanya.

Terdapat banyak jenis Ikan Koi, tetapi ada beberapa yang sudah sangat terkenal dan harganya setinggi langit, yakni yang pertama adalah Ikan Koi Kohaku.Ikan Koi Kohaku ini merupakan Ikan Koi tertua di jenisnya.Ia terkenal karena tubuhnya yang berwarna dasar putih dengan bercak merah di atasnya. Kohaku akan semakin berkualitas jika warna merahnya terang menyala serta tidak ada bintik noda di tubuhnya. Selain koharu, Ikan Koi Sanke Taisho juga terkenal.Ikan Koi Sanke Taisho terkenal karena tubuhnya yang didominasi oleh warna putih dan dipercantik dengan berkas merah serta hitam di punggungnya.Ia merupakan hasi persilangan dari Ikan Koi Kohaku dan Ikan Koi Shirro Bekko. Tak kalah mahal, Ikan Koi Showa Shanshoku yang memiliki perpaduan warna dasar merah dan putih serta bercak hitam di punggungnya ini juga merupakan jenis Ikan Koi yang cantik.

Bagi kamu yang baru ingin memelihara Ikan Koi di kolam rumahmu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.Yang pertama adalah intensitas cahaya matahari.Dalam memeliharanya, memang diperlukan sinar matahari, tetapi sinar matahari yang berlebihan pun tidak baik.Itu dapat membuat pH air cepat berubah.Untuk itu, kamu bisa menanam tanaman-tanaman kecil di pinggir kolam untuk membuat kolam menjadi teduh.Akar tanaman pun harus kamu perhatikan.Jika terlalu panjang, dapat mengganggu kegiatan Ikan Koi yang ada di dalamnya.Daun dari tanaman pun perlu kamu pastikan jangan sampai jatuh masuk ke kolam.Tanaman yang cocok untuk ditanam di sekitar kolam contohnya adalah tanaman teratai lili.Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan banyaknya lumut yang ada di kolam.Jika terdapat banyak lumut, dapat membuat pertumbuhan Ikan Koi di dalamnya terganggu.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *