Lele, Ikan Serbaguna Yang Tidak Merepotkan

Ikan tawar merupakan ikan-ikan yang eksistensinya di muka bumi tidak lepas dari kemanfaatannya bagi kehidupan manusia.Terdapat banyak fungsinya, untuk hiasan, peliharaan, sampai untuk kebutuhan pemenuhan konsumsi manusia.Salah satu ikan tawar yang biasa dikonsumsi manusia, terlebih masyarakat Indonesia adalah si fenomenal Ikan Lele.Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sudah lagi tak asing dengan ikan ini.Penyajiannya yang biasa dengan digoreng ini memang sangat familiar dengan keluarga Indonesia. Mulai dari ibu yang membuatnya sendiri di rumah sampai Pecel Lele yang dijual oleh pedagang kaki lima maupun restoran-restoran.

ikan lele

Ikan Lele yang terkenal karena tubuhnya yang licin tak berisisik, dengan sirip punggung dan kumis ini memiliki nama latin sebagai Clarias batrachus. Ikan Lele merupakan salah satu dari jenis hewan yang bersifat nokturnal-aktif di malam hari-untuk mencari makan, sedangkan waktunya di siang hari untuk berdiam diri di bagian-bagian kolam atau habitatnya yang gelap.Selain di perairan yang bersih, terkadang Ikan Lele juga dapat ditemukan di tempat-tempat yang tercemar, seperti selokan pembuangan maupun got-got.Akan tetapi, untuk Ikan Lele yang dikonsumsi, biasanya dihasilkan dari budidaya Ikan Lele maupun kolam pemancingan.

Di Indonesia, terdapat banyak pembudidayaan Ikan Lele mengingat kebutuhan pasar yang makin banyak setiap harinya. Para pembudidaya Ikan Lele ini sangat menjaga kebersihan kolam serta makanan untuk Ikan Lele yang dipelihara. Kebersihan dan kejernihan kolam menjadi prioritas agar para konsumen yang akan mengonsumsi tetap merasa aman dan terhindar dari penyakit,

Dalam pembudidayaan Ikan Lele, tempat yang biasanya optimal untuk tinggalnya adalah kolam terpal.Selain optimal, dengan menggunakan kolam terpal tidak perlu dibutuhkan tempat yang besar.Di pekarangan rumah pun dapat dilakukan.Dengan menggunakan kolam terpal, terdapat beberapa keuntungan yang bisa diambil oleh pembudidaya, salah satunya adalah terhindarnya ternak dari hewan-hewan pemangsa. Untuk proses pembudidayaannya, kamu perlu memerhatikan beberapa hal, yakni pemilihan bibit unggul. Untuk menghasilkan Ikan Lele yang berkualitas, kamu perlu memerhatikan bibit yang akan dipelihara.

Benih yang dapat dipilih diantaranya ialah benih yang gesit, agresif, dan cerah.Setelah itu, penebaran benih.Dalam langkah ini, benih-benih terlebih dahulu dan direndam di ember yang berisikan air yang di kolam untuk pembudidayaan nanti. Hal ini dilakukan agar benih-benih yang akan ditabur sudah beradaptasi terlebih dahulu. Untuk masalah kejernihan air, dibuat agar air yang akan ditempati tidak terlalu jernih, hal ini mengingat Ikan Lele yang hidup di habitat yang tidak bersih. Akan tetapi, konsumen tidak perlu khawatir, air yang digunakan tetaplah air yang dapat menjamin kesehatan konsumen yang kelak akan memakan.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *