Makanan Sehat Ikan Arwana

Makanan Sehat Ikan Arwana – Siapa yang tak tau jenis ikan yang satu ini? Ya, ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan memiliki harga yang cukup mahal. Berbagai jenis ikan arwana dan dari semua jenis ikan arwana tak satupun ikan yang bisa dibeli dengan sedikit uang. Yang bisa diartikan juga semua jenis ikan arwana berharga mahal. Mahalnya ikan arwana berbanding lurus dengan keindahan ikan tersebut.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Tetap Sehat

Tapi, keindahan ikan arwana dapat pudar bila mana kita salah dalam memberikan makanan. Oleh sebab itu, kita harus pintar untuk memilih dan memberikan makanan pada ikan arwana kita. Berikut sedikit banyak hal yang harus kamu ketahui untuk memberi makanan yang baik bagi arwana peliharaanmu.

Cacing Darah Beku

Cacing darah beku merupakan pakan yang sangat baik untuk anakan ikan arwana. Makanan ini sangat cocok untuk pertumbuhan anakan ikan arwana yang mempunyai ukuran kurang lebih 8 cm. Jika arwana sudah agak dewasa, kamu bisa menggantinya dengan makanan lainnya. Makanan ini juga sangat mudah didapatkan. Kamu bisa mendapatkannya dari para penjual ikan hias di dekat rumah kamu.

Katak

Satu lagi makanan yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan arwana kita adalah katak . Katak mempunyai kandungan lemak dan daging yang tinggi sehingga sangat cocok untuk perkembang ikan kita. Namun, jangan jadikan katak sebagai makanan utama pada ikan arwana. Karena ikan akan berwarna pucat jika berlebihan konsumsi katak. Selain itu, perhatikan juga ikan kamu jika kamu memutuskan untuk memberikan makanan katak. Karena terkadang beberapa ikan tidak doyan makanan ini.

Jangkrik

Jangkrik sangat cocok untuk makanan utama ikan arwana kita. Makanan ini sangat baik untuk penigkatan perubahan warna pada ikan arwana kita, khususnya ikan arwana jenis golden red dan super red arwana karena jangkrik mempunyai kandungan betacarotene. Jangkrik yang baik untuk arwana kita adalah jangkrik yang masih muda dan ketika kita ingin memberikan makanan ini, jangan lupa untuk memotong kakinya terlebih dahulu karena kaki jangkrik dapat melukai mulut dan perut ikan arwana kita.

Udang

Udang memiliki fungsi yang sama dengan jangkrik. Makanan ini juga sangat baik untuk meningkatkan perubahan warna pada ikan arwana kita. Makanan ini bisa diberikan pada ikan arwana kita dalam kondisi segar maupun beku. Biasanya, udang beku digunakan karena masalah kepraktisan. Namun, sebelum memberikan makanan ini, sebaiknya dibuang terlebih dahulu sungutnya karena dapat melukai ikan arwana kita.

Kadal dan Cicak

Kadal maupun cicak juga dapat digunakan sebagai makanan ikan arwana kita. Namun, makanan ini hanya digunakan untuk makanan selingan saja dan cobalah terlebih dahulu karena tidak semua ikan arwana doyan makan kedua binatang ini.

Kelabang

Kelabang mempunyai fungsi yang sama dengan jangkrik yaitu dapat membantu mencerahkan warna ikan arwana kita karena kelabang mempunyai kandungan betacarotene. Namun, jangan jadikan kelabang sebagai menu utama makanan arwana karena selain harganya mahal, kelabang juga dapat menyebabkan ikan arwana kita mogok makan jika kita memberikan makanan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita memberikan makanan ini hanya untuk selingan saja.

Kecoa

Binatang ini terkenal dengan jorok, menjijikan, dan kotor. Namun, kecoa mempunyai kandungan protein yang tinggi dan konon kecoa juga mampu merangsang nafsu makan ikan arwana kita. oleh karena itu, makanan ini sangat cocok untuk ikan arwana kita yang sedang mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu, mengkonsum kecoa juga mampu mengembalikan stamina ikan arwana kita.

Ikan Kecil

Ikan kecil juga dapat digunakan untuk makanan selingan ikan arwana kita. Jangan berikan makanan ini terlalu sering, lebih baik hanya sekali seminggu saja karena ikan dipercaya memiliki kandungan bibit penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *