Manfaat Ikan Patin Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ikan merupakan hewan dengan kandungan protein hewani yang tinggi dan sangat diperlukan tubuh manusia, terlebih lagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, otak yang merupakan alat vital segala kegiatan hidup akan berkembang dengan pesat. Hal ini sangat baik, mengingat ia menjadi penunjang segala kehidupan seorang manusia. Ikan, baik yang di laut (air asin) maupun di sungai (air tawar) memiliki manfaat itu semua. Ikan air tawar merupakan ikan yang hidupnya pada perairan dengan kadar garam dan mineral yang sedikit. Perairan ini biasanya meliputi sungai, danau, waduk, maupun rawa-rawa.Salah satu ikan yang terkenal pada kalangan masyarakat Indonesia ialah Ikan Patin.

ikan patin

Ikan Patin yang memilki nama latin  Pangasius hypophthalmus. Ikan ini memiliki kumis sebagai patilnya seperti lele.Ikan Patin merupakan ikan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya sajian makanan dari Indonesia yang menggunakan Ikan Patin sebagai bahan baku utamanya. Contohnya ialah Sup Ikan Patin, Gulai Ikan Patin, hingga abon yang terbuat dari daging Ikan Patin.

Ikan patin memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya.Yang pertama, Ikan Patin dapat mencegah penyakit kardiovaskular.Hal ini terjadi karena Ikan Patin memiliki kandungan lemak tak jenuh sejumlah 50% dari keseluruhan gizi dalam tubuhnya.Yang kedua, Ikan Patin mampu untuk mengurangi kandungan kolesterol.Kandungan lemak tak jenuh yang ada pada Ikan Patin lagi-lagi berfungsi, kali ini untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat juga akan didapatkan oleh bayi yang mengonsumsi Ikan Patin. Ketika berada di dalam kandungan, Ibu bayi yang mengonsumsi Ikan Patin akan memberikan manfaat kepada bayi yang ada di dalam kandungannya, janin akan tetap sehat, menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal, dan menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan.

Untuk kamu yang berniat untuk membudidayakan Ikan Patin, hal ini dapat dilakukan dengan kolam terpal.Lahan yang diperlukannya pun sebatas yang kamu miliki.Jadi, walaupun kamu memiliki lahan yang sempit, hal tersebut masih dapat dilakukan.Setelah itu, kamu menyebarkan bibit ke dalam kolam.Kolam kemudian ditaburi dengan cacing sutra atau kutu air terlebih dahulu.Setelah itu, tahap untuk membuat ikan-ikan patin menjadi benih yang dilakukan selama 20 hari.Berikutnya.Barulah perkembangbiakan yang sesungguhnya di mulai.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ikan Patin memberikan banyak manfaat bagi manusia.Oleh karena itu, kegiatan makan ikan merupakan suatu aktivitas yang baik dilakukan agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Agar meningkatkan nafsu makan ikan, dapat dilakukan dengan proses pemasakan yang enak dan menggugah selera, sehingga enak ketika disantap dan bergizi ketika diserap tubuh.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *