Memelihara Ikan Butterfly Sebagai Ikan Hias Air Laut

Tidak ada komentar 949 views

Memelihara ikan hias di rumah sangatlah bermanfaat karena dapat menghilangkan stres. Dengan melakukan terapi aquarium yaitu melihat ikan hias yang ada di aquarium dapat menenangkan emosional. Selain itu juga dapat membantu menstabilkan kondisi kejiwaan seseorang yang melihatnya. Beragam jenis ikan yang dapat dipelihara, mulai dari ikan air tawar hingga ikan air laut. Salah satu jenis ikan laut yang dapat dijadikan ikan hias air laut adalah butterfly fish. Butterfly fish atau ikan kupu-kupu merupakan jenis ikan yang berada di laut tropis dan termasuk ke dalam keluarga Chaetodontidae. Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu hampir mirip seperti ikan angelfish (Pomacanthidae). Perbedaannya yaitu ikan kupu-kupu tidak memunyai duri pada insangnya. Perbedaan lainnya yaitu pada bentuk tubuh ikan kupu-kupu. Ikan kupu-kupu yang sering disebut juga ikan kepe-kepe (di Indonesia) bentuk tubuhnya membulat dan lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan angelfish. Ikan ini sering dijadikan ikan hias di dalam aquarium karena warna dan coraknya indah.

ikan butterfly

Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu dapat ditemukan di area terumbu karang di samudra Pasifik, samudra Atlantik dan juga samudra Hindia yang terdiri dari sekitar 120 spesies. Umumnya ikan ini berada di perairan dengan kedalaman kurang dari 18 meter atau 59 kaki, tetapi ada juga yang berada hingga kedalaman 180 meter atau 590 kaki. Ikan kupu-kupu dapat tumbuh berkisar antara 12 cm hingga 22 cm atau 4,7 hingga 8,7 in. Ikan ini umumnya memilki warna yang mencolok seperti warna hitam, putih, kuning, jingga, biru dan merah. Terdapatnya eyespots pada panggul dan pita gelap di matanya terlihat seperti sayap kupu-kupu. Warnanya yang mencolok kemungkinan dimaksudkan untuk komunikasi antar spesies. Pada saat malam hari tiba, ikan butterfly atau ikan kupu-kupu akan bersembunyi pada celah-celah terumbu karang dan akan menunjukkan warna yang berbeda pada tubuhnya. Warnanya yang indah inilah yang membuat banyak pecinta ikan ingin menjadikannya sebagai ikan hias air laut. Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu juga merupakan petelur pelagis. Maksudnya adalah ikan jenis ini akan melepaskan telur-telur apung ke air dan menjadi bagian dari plankton, mengambang dengan arus hingga telur menetas.

Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu mememiliki warna dan bentuk tubuh yang unik sehingga banyak pecinta ikan hias yang menjadikannya sebagai ikan hias air laut. Dalam pemeliharaan ikan kupu-kupu ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama masalah kualitas air yang harus stabil. Selain itu perlu diperhatikan juga dalam pemberian pakan karna sulit untuk membuat mereka memakan pakan yang kita berikan. Di habitat aslinya ikan kupu-kupu ini memakan pakan hidup yaitu seperti krustacea, polip koral dan juga alga. Ikan jenis ini adalah ikan tropis sehingga kondisi suhu yang cocok adalah suhu tinggi, selain itu airnya juga harus memiliki tingkat keasinan sekitar 1.025.

Baca juga :