Mengenal Ikan Giru, Ikan Cantik Nan Menggemaskan Buruan Berbagai Kalangan

Di kalangan penyelam, ikan ini tentu sudah tidak asing lagi. Mempunyai corak warna menarik secara vertikal dengan disertai bentuk tubuhnya yang cenderung menggemaskan, ikan ini lebih sering di juluki Ikan Badut. Ikan ini mempunyai beberapa nama di beberapa kalangan. Di kalangan pecinta ikan hias, ikan ini biasa disebut Ikan Badut atau Ikan Giru. Sedangkan di kalangan penyelam, ikan ini lebih sering disebut dengan Ikan Nemo oleh karena pola hidupnya yang bersimbiosis dengan rumahnya yaitu Anemon.

ikan giru

Ikan giru merupakan ikan hias yang berasal dar air laut yang bernilai ekonomis. Di dunia perdagangan Indonesia, ikan ini bahkan sampai pada pangsa pasar internasinal atau ekspor. Saking banyaknya permintaan yang masuk, keberadaan ikan inipun mulai menipis jumlahnya. Dengan aktifitasnya yang hanya dilakukan pada siang hari, ikan ini sangat mudah dijumpai tanpa harus bersusah payah melihat habitat aslinya di laut.

Dalam klasifikasi taksonomi, ikan ini merupakan keluarga dengan ikan Delmfish atau ikan batok. Ikan ini mempunyai dua marga yaitu Amphirion dan Premnas. Perbedaan kedua jenis ikan ini terdapat pada dua buah duri memanjang yang mencolok pada ikan Premnas yang pada ikan Amphirion tidak memilikinya. Selain itu, ukuran tubuh ikan Premnas cenderung lebih besar dibanding ikan Amphirion. Sampai saat ini, dari dua puluh sembilan spesies ikan nemo yang teridentifikasi, dua puluh delapan di antaranya adalah ikan Amphirion. Dengan kata lain, hanya satu jenis yang digolongkan pada ikan Premnas.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ikan ini menjalin hubungan simbiosis mutualisme dengan rumah yang ditempatinya yaitu Anemon. Hubungan simbiosis mutualisme atau yang saling menguntungkan tersebut dapat dilihat dari keuntungan yang bisa di dapatkan dari masing-masing pihak. Ikan nemo mendapatkan keuntungan karena dia mempunyai tempat tinggal sehingga terhindar dari sang predator. Selain itu mereka juga mendapatkan sumber makanan dari Anemon. sedangkan dari pihak Anemon, mereka akan diuntungkan dengan adanya pergerakan kecil yang dilakukan oleh ikan nemo. Pergerakan yang terus menerus tersebut akan menyebabkan kotoran dan endapan pasir teraduk sehingga merea terhindar dari adanya iritasi.

Berkembang biak secara bertelur, ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di celah tentakel dan disekitar Anemon. Daerah tersebut seakan menjadi daerah teritorial mereka. ketika sang anemon pindah, mereka juga ikut berpindah tempat untuk mempertahankan rumah tinggalnya.

Ikan giru merupakan ikan yang mempunyai perilaku pemalu dengan kebiasaan hidup secara berkelompok. Karakter  ini semakin menambah nilai kelucuan yang dimiliki ikan ini. Dianggap merupakan ikan yang paling terkenal dikalangan masyarakat, ikan ini mempunyai kesan yang mendalam bagi orang yang pernah melihatnya. Bahkan, sebuah film yang berjudul “Finding Nemo’ juga dirilis pada tahun 2003 untuk menggambarkan begitu mengesankannya ikan ini dikalangan masyarakat.

Karena memiliki corak warna yang menarik dengan disertai tingkahnya yang malu-malu, ikan ini banyak sekali diburu oleh berbagai kalangan. Dikalangan pecinta ikan hias, ikan ini digunakan untuk menjadi penghuni akuarium. Sedangkan di kalangan pecinta fotografi, ikan ini seringkali dijadikan untuk obyek bidikan kamera mereka.

Baca Juga :