Pesona Ikan Blue Tang Sebagai Ikan Hias Air Laut

Memelihara ikan hias air laut di dalam aquarium tentu memiliki ragam manfaat. Dengan adanya ikan hias di rumah dapat menghilangkan stres dan juga bisa membuat pikiran tenang. Ikan hias dapat menghilangkan stres karena dengan melihat ikan yang berwarna warni akan membuat suasana lebih segar dan ceria. Terlebih jika memelihara ikan hias air laut yang beraneka ragam dan memiliki warna-warna yang indah. Salah satu jenis ikan air laut yang dapat dijadikan ikan hias di aquarium adalah ikan hias blue tang atau ikan botana. Ikan yang disebut juga sebagai ikan letter six ini memiliki nama ilmiah Paracanthurus hepatus dan mereka hidup di daerah terumbu karang. Namun perlu diketahui ikan ini juga berbahaya ketika disentuh, hal ini karena ikan ini memiliki duri seperti mata pisau yang sangat tajam dan terletak di pangkal ekor. Duri ikan blue tang berfungsi untuk melindungi dirinya dari predator.

ikan blue tang

Ikan hias air laut blue tang atau botana ini lebih dikenal dengan nama ikan dori. Ikan blue tang atau ikan dori ini dapat ditemukan di laut daerah Indo Pasifik dan juga di daerah terumbu karang di Afrika Timur, Jepang, Samoa, Kaledonia Baru dan juga di Karang Penghalang Besar. tIkan blue tang atau ikan dori memiliki warna biru pada tubuhnya dan warna kuning pada bagian ekornya serta warna hitam di bagian atas yang menyerupai angka 6. Namun warna pada ikan blue tang atau ikan dori ini tidak selalu biru, ketika malam hari ikan ini berubah warna menjadi warna ungu. Bahkan ketika umur ikan ini masih muda warnanya bukan biru melainkan berwarna kuning. Ikan yang hidup di area terumbu karang ini dapat hidup dan tumbuh besar hingga sebesar 30 cm. Ikan jenis ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dan ramping serta beracun sehingga tidak bisa dikonsumsi. Namun ikan blue tang dapat dijadikan ikan hias.

Cara Memelihara Ikan Blue Tang

Ikan blue tang yang dijadikan sebagai ikan hias air laut adalah jenis omnivora. Pada saat pemijahan ikan blue tang jantan akan mencari ikan blue tang betina yang ada dalam kelompoknya. Setelah melakukan pembuahan ikan blue tang akan menyebarkan telur-telurnya ke permukaan air. Ukuran dari telurnya yaitu sebesar 0,8 mm dan akan menetas hanya dalam waktu 24 jam setelah dilakukannya pembuahan. Pada saat berupa anakan, ikan blue tang atau ikan dori ini memakan plankton dan setelah dewasa berubah menjadi omnivora dengan memakan plankton dan juga ganggang. Ikan yang berkelompok iniĀ  hidup dalam laut dengan kedalaman sekitar 40 m dan menyukai arus yang deras pada terumbu karang ke arah laut. Oleh karena itu jika memelihara ikan ini sebaiknya menempatkannya di dalam aquarium yang besar dan di dalamnya terdapat terumbu karang buatan seperti habitat aslinya. Untuk pemberian pakannya, ikan dori dapat diberi pakan berupa udang beku.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *