Red Devil Nenek Moyang Ikan Louhan

Red Devil – Salah satu jenis ikan hias dari air tawar adalah ikan Red Devil. Ikan red devil yang mempunyai nama Latin Amphilophus labiatus merupakan salah satu nenek moyang dari ikan louhan. Ikan ini dinamakan red devil karena selain sebagian dari mereka berwarna merah juga karena sifat mereka yang sangat agresif dan ganas dengan gigi mereka yang besar dan kuat.

Ikan red devil yang berasal dari 2 danau terbesar di Nikaragua yaitu danau Managua dan danau Nicaragua masuk ke Indonesia sebagai ikan hias bersamaan dengan masuknya ikan Louhan melalui Malaysia di awal tahun 1990-an.

Ikan Louhan yang merupakan ikan hibrida merupakan ikan hasil persilangan dari beberapa jenis ikan yang berasal dari keluarga Cichlidae dan salah satunya adalah ikan red devil. Red devil merupakan ikan paling agresif dan ganas dari keluarga Cichlidae.

Ciri-ciri

  • Ikan red devil yang mempunyai nama Latin Amphilophus labiatus merupakan salah satu nenek moyang dari ikan louhan.
  • Ikan ini dinamakan red devil karena selain sebagian dari mereka berwarna merah juga karena sifat mereka yang sangat agresif dan ganas dengan gigi mereka yang besar dan kuat.
  • Red devil merupakan ikan paling agresif dan ganas dari keluarga Cichlidae.
  • Warna: Pada awalnya hanya terdapat ikan red devil yang berwarna merah oranye, namun setelah ikan tersebut tersebar diberbagai tempat terjadi beberapa variasi warna seperti hijau abu-abu, merah, merah muda, bahkan putih dan juga bisa ditemui red devil yang memiliki corak berbentuk garis dan bintik berwarna hitam dan abu-abu.
  • Penyebaran ikan red devil yang sangat masiv karena mereka mampu menghasilkan 500 – 700 telur dalam setiap pemijahan telah menyebabkan perubahan ekosistem secara nyata di waduk dan danau-danau di Indonesia.

  • Perbedaan Jantan dan Betina: kita bisa mengetahuinya dengan cara memperhatikan bagian bawah tubuh mereka dimana terdapat organ seksual dan sekresi. Red devil jantan mempunyai organ seksual dengan bentuk meruncing, sedangkan red devil betina mempunyai organ seksual yang berbentuk bulat tumpul. Selain itu, red devil jantan yang telah dewasa juga mempunyai benjolan yang cukup besar dibagian kepalanya sedangkan red devil betina mempunyai benjolan yang sangat kecil bahkan kadang tidak terdapat benjolan sama sekali.
  • Red devil merupakan ikan monogami yang setia terhadap satu pasangan, saat mereka telah memilih pasangan, mereka tidak akan mencari ikan lain sebagai pasangan sampai salah satu dari mereka mati.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *