Si Cantik, Ikan Arwana

Tidak ada komentar 414 views

Ikan air tawar merupakan ikan-ikan yang hidup di daerah perairan tenang dengan sedikit kandungan garam dan mineral di dalamnya. Jenis-jenis perairannya dapat berupa aliran air di sungai, danau, atau waduk.Ikan air tawar memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai pangan, peliharaan, dan menjadi ikan hias. Salah satu jenis ikan yang mendiami perairan tenang tersebut ialah Ikan Arwana.Terdapat Ikan Arwana yang berasal dari Asia Tenggara, yaitu Ikan Arwana Asia atau Seluk Merah. Ikan ini memiliki nama latin Scleropages formosus. Ikan Arwana Asia memiliki warna keperak-perakan pada umumnya.Ikan Arwana Asia sering disebut sebagai “Ikan Naga”, karena sering dihubung-hubungkan dengan mitologi naga dari Tionghoa.

ikan arwana

Ikan Arwana merupakan ikan yang populer di antara orang-orang yang hobi memelihara Ikan hias. Orang-orang akan memberikan pujian pada saat melihat kecantikan ikan ini. Tak heran banyak yang menyukai ikan ini.Lantas, mengapa ikan ini memiliki harga yang tinggi?Ternyata jawabannya adalah karena sulitnya dalam memelihara ikan ini.Ia membutuhkan air dan lampu yang baik untuk perkembangannya. Air harus selalu dalam keadaan bersih dan jernih.Jika mulai kotor, pemilik harus segera mengganti dengan yang bersih.Apalagi untuk mereka yang berkeinginan untuk me-tanning Ikan Arwana menjadi warna merah. Jika kamu menggunakan air PAM atau air sumur dalam memelihara Ikan Arwana, maka air haruslah diberi filter agar bersih dan jernih. Akan tetapi, lain halnya jika menggunakan air gunung.Air gunung tidak memerlukan penyaringan atau difilter.Untuk lampu dalam akuarium pun memiliki kriteria tersendiri.Lampu yang digunakan pada umumnya adalah bohlam type 827 atau 840 untuk tanning.

Karena keindahan yang dimilikinya, terdapat beberapa Ikan Arwana yang harganya setinggi langit.Yang pertama adalah Ikan Arwana Merah.Ikan cantik ini berasal dari Indonesia.Jenis ikan ini lebih mudah ditemui di daerah Kalimantan Barat, seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentanum. Jenis Ikan Arwana lain yang harganya tinggi ialah Ikan Arwana Cross Black Golden atau X Black Golden. Ikan ini merupakan bagian dari jenis Arwana Golden.Ikan ini berasal dari Malaysia.

Ketika dewasa, akan muncul ring atau lingkaran yang melewati punggungnya sehingga diberi nama X back. Selanjutnya, ada Ikan Arwana Red Tail Golden atau Golden Red.Ikan ini berasal dari Pekanbaru, Sumatera, Indonesia.Ikan ini memiliki keindahan pada warna dasarnya, yakni blue base, green base, dan gold base.Selanjutnya, ada Ikan Arwana Silver atau Arwana Brazil.Ikan Arwana ini adalah jenis ikan yang paling sering kita jumpai.Selain itu, Ikan Arwana ini juga dijual dengan harga yang terjakau.

Baca juga :