Tigerfish

Tigerfish adalah ikan hias carnivora yang memangsa beragam type ikan kecil serta udang. Ukuranya badannya cukup besar serta umum hidup di air yang tenang dengan keadaan pH air netral hingga sedikit asam, serta kisaran suhu pada 23 – 26 derajat Celcius.

Tetapi dalam pemeliharaannya di akuarium susah meraih ukuran yang optimal. Hal semacam ini karena sebab tigerfish gampang sekali stress, hingga dalam pemeliharaannya butuh ekstra hati – hati.

Ada 2 (dua) type tigerfish, yakni tiger Irian serta tiger Sumatera. Tigerfish Irian memiliki hiasan warna badan yang lebih menarik yakni kuning hingga krem dengan tiga buah garis vertikal warna hitam. Badannya lebih panjang, dapat meraih 38 cm, serta lebarnya dapat hingga 10, 5 cm.

Sedang yang satu lagi tigerfish Sumatera, badan ikan ini dihiasi warna kuning, serta bergaris – garis vertikal warna kecoklatan sejumlah 8 – 10 buah. Ukuran badannya lebih kecil di banding tigerfish Irian. Walau panjangnya dapat juga meraih 38 cm, tetapi lebar badannya optimal cuma 7, 0 cm. Lantaran ukurannya lebih kecil ikan tiger Sumatera gerakannya lebih lincah.

Di lingkungan aslinya ikan hias ini adalah ikan konsumsi, yang umum di tangkap dengan memakai pancing. Tetapi lantaran keindahannya, serta makin langka didapat, jadi ikan ini banyak diminati hobyis juga sebagai ikan hias. Tak mengherankan bila harga nya melambung tinggi sampai jutaaan dolar.

Harga dari ke-2 type tigerfish ini sangatlah tidak sama jauh, ikan hias tigerfish asal Sumatera/Thailand lebih murah berlipat-lipat di banding hias tigerfish asal Irian. Ketidaksamaan yang mencolok ini terkecuali dikarenakan warna, penampilannya yang memanglah lebih menarik, juga lantaran tigerfish Irian termasuk juga langka.

Sebenarnya ikan hias tigerfish termasuk juga ikan hias yang kuat ketahanan badannya. Tetapi lantaran ikan hias tigerfish masih tetap termasuk juga baru berpredikat ikan hias, jadi sekarang ini cuma didapat dari hasil tangkapan.

Tigerfish termasuk ikan hias yang sulit dijinakkan, hingga gampang sekali stress apabila ada dilingkungan barunya. Stress ditandai, ikan tak nafsu makan apabila stress berlanjut ikan bakal lemas, serta warnanya pucat, hingga tak menarik.

Sehari-hari ikan hias ini di beri pakan berbentuk pakan hidup seperti ikan kecil atau udang. Dalam berikan makan mesti di perhatikan jangan sempat air bergolak kencang agar ikan tak lari ketakutan serta hilang nafsu makannya.

Apabila ikan telah bisa menyesuaikan, serta tak takut lagi, barulah dipindahkan ke akuarium. Setelah itu, dengan pemberian pakan yang teratur serta terus melindungi kwalitas air tigerfish bakal terlihat bagus serta gagah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *