Tips Memilih Anakan Ikan Louhan berkualitas

Tips Memilih Anakan Ikan Louhan berkualitas – Ikan louhan merupakan salah satu ikan air tawar yang dulu sempat populer sekitar tahun 2000-an, ikan ini sempat meraih popularitas dari semua ikan hias harganya meningkat pesat dan penghobinya bertambah. Pada saat ini, ikan lohan memang sudah mulai meredup popularitasnya, namun ikan ini tetap menjadi salah satu ikan hias yang populer di kalangan para pecinta ikan.

Baca juga: 5 Tips Merawat Ikan Louhan

Bagi anda yang ingin memelihara ikan louhan saat ini mungkin saat yang tepat karena harga ikan louhan sudah stabil dan normal. Biasanya untuk memelihara ikan louhan kebanyakan orang lebih suka memelihara dari kecil atau dari anakan. Karena anakan ikan louhan mempunyai harga yang relatif lebih murah dan juga kita bisa merasa puas merawatnya sampai besar. Berikut ini tips yang harus di perhatikan ketika Anda ingin memilih ikan louhan, agar bisa mendapatkan ikan yang berkualitas.

1. Selalu pilh ikan louhan yang sehat dan fisiknya sempurna. Sebaliknya, jangan memilih bibit ikan yang diselmuti bercak-bercak putih atau pun jamur.

2. Ambil anakan ikan louhan yang memiliki jenong cukup besar di kepalanya. Hindari membeli louhan yang tidak mempunyai jenong meski harganya murah sebab hanya akan membuat Anda merasa kecewa.

3. Ikan louhan yang bagus juga ditandai dengan banyaknya motif mutiara yang terlukis di badannya. Tidak masalah apakah motif tersebut berukuran besar atau kecil karena keduanya sama-sama terlihat indah.

4. Beli lah ikan louhan yang mempunyai garis marking berwarna hitam pekat dan terbentang dari pangkal sirip ekor sampai ke kepala. Semakin unik desain yang terbentuk dari garis marking tersebut, maka kualitasnya akan semakin baik.

5. Ikan louhan yang ideal memiliki postur tubuh agak bulat, tebal, dan memanjang. Jangan lirik ikan louhan yang kurus atau ukuran badannya terlalu panjang.

6. Ikan louhan yang berwarna merah sangat disukai oleh kalangan penghobi ikan ini. Sebaiknya warna tersebut menghiasi bagian insang, perut, dan sirip atas. Gradasi warna yang baik adalah merah pekat di tubuh bagian bawah, lalu berangsur-angsur cerah ke atas.

7. Mata juga bisa menjadi sebuah pertanda apakag mutu seekor ikan louhan termasuk bernilai tinggi atau tidak. Anakan louhan yang bagus selalu memiliki bulatan yang berwarna merah di kedua bola matanya.

8. Justru ketika ikan louhan mempunyai sifat agresif, ikan tersebut akan sangat diminati. Cara mengetahuinya Anda bisa menaruh telapak tangan di dekat akuarium, lalu menggerakkannya ke kanan dan kiri. Bibit ikan yang bagus bisa dilihat pada ikan yang terus-menerus mengikuti arah gerakan tangan.

9. Ikan louhan yang agresif pun dapat diketahui dari bentuk siripnya. Usahakan ambil ikan louhan yang memiliki sirip atas berdiri dan tidak menguncup, serta sirip ekor yang mengembang sempurna.

10. Pilih ikan yang memiliki bentuk tubuh normal dan tidak mengalami cacat sama sekali. Beberapa kelainan fisik pada ikan louhan di antaranya tubuh yang bengkok, kerusakan pada sirip, kalainan tulang punggung, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *