Tips Memilih Anakan Ikan Louhan Yang Berkualitas

Tidak ada komentar 2143 views

Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup popular di berbagai penjuru dunia. Ikan louhan mudah sekali ditemukan di berbagai toko yang menjual ikan hias. Dengan semakin meningkatnya pamor ikan ini membuat harga ikan louhan menjadi sangat mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya dengan harga nya yang sangat mahal ini membuat untung yang besar bagi pedagang ikan hias. Dengan kondisinya tersebut tentunya membuat banyak oknum melakukan kecurangan pada ikan louhan ini. Maka dari itu diperlukan sebuah kejelian dalam membeli ikan ini agar mendapatkan jenis anakan ikan louhan yang berkualitas. Nah berikut ini beberapa poin yang wajib anda perhatikan pada saat memilih anakan ikan.

tips memilih ikan louhan

  1. Pilihlah ikan louhan yang memiliki fisik yang sehat dan sempurna. Jangan memilih bibit ikan yang memiliki bercak-bercak putih atau jamur.
  2. Pilihlah anakan ikan louhan yang memiliki jenong di kepala yang cukup besar. Hindari untuk memilih ikan louhan yang tidak memiliki jenong karena ikan ini memiliki harga yang sangat murah.
  3. Ikan louhan yang bagus ditandai dengan adanya banyak motif mutiara yang terdapat di badannya. Tidak masalah apa motif tersebut besar atau kecil.
  4. Ikan louhan yang memiliki bentuk ideal adalah yang berpostur bulat, tebal, dan memanjang. Jangan memilih ikan louhan yang kurus ataupun memiliki badan terlalu panjang.
  5. Pilih ikan louhan yang memiliki garis marking berwarna hitam pekat dan terbentang dari ekor hingga kepala. Semakin unik motif yang dimiliki sebuah ikan lohan maka kualitasnya akan semakin baik.
  6. Ikan louhan yang memiliki warna merah akan sangat disukai oleh para kalangan pecinta ikan. Pilihlah ikan yang memiliki warna gradiasi di bagian insangn, sirip atas dan perut. Gradasi warna yang baik adalah warna merah yang pekat di bagian tubuh bawah.
  7. Perhatikan pula bagian mata ikan louhan. Mata dapat menjadi sebuah tanda apakah kualitas ikan louhan termasuk baik atau tidak. Anakan louhan yang baik akan memiliki bulatan berwarna merah di sekitar kedua bola matanya.
  8. Ikan lohan yang agresif akan lebih banyak dipilih oleh konsumen. Untuk mengetahuinya, anda tinggal meletakkan telapak tangan di dekat akuarium dan menggerakkan ke kanan dan kiri. Bibit yang bagus tentunya akan mengikuti gerakan tangan anda tersebut.
  9. Selain itu, agresif atau tidaknya ikan tersebut dapat anda lihat dari bentuk siripnya. Usahakan memilih ikan louhan yang memiliki sirip bagian atas yang berdiri serta sirip ekor yang mengembang sempurna.

Nah itu tadi hal-hal yang dapat anda perhatikan sebelum memilih anakan ikan louhan yang berkualitas. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :